Jumat, 19 Desember 2014

Apa Itu Biologi dan Apa Pengaruhnya Bagi Kita di Masa Mendatang?

Perkenalkan saya Mas Bio, atau Ario, saya membuat blog ini untuk berbagi informasi dari berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan seputar dunia Biologi. Saya berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan informasi selengkap-lengkapnya. Blog Ini diawali dengan perkenalan mengenai "Apa Itu Biologi dan Apa Pengaruhnya Bagi Kita di Masa Mendatang?" Jadi, tunggu apa lagi?


Q : Biologi Itu Ilmu Apa Sih? Sering Denger tapi Gak Tau Itu Apa.


BiologiBiologi bersama dengan ilmu fisika dan kimia, membentuk kesatuan sebagai ilmu sains. Dilihat secara ilmu etimologi, Biologi berasal dari bahasa Latin, bios yang berarti kehidupan dan logos yang berarti ilmu. Jadi singkatnya, biologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan di dunia ini beserta organisme di dalamnya. Biologi pada dasarnya merupakan suatu pencarian, penelitian yang terus berlanjut mengenai apa itu kehidupan.

Tetapi, sebenarnya bisa dikatakan EVOLUSI adalah tema utama atau "perangkum" dalam ilmu biolog. Evolusi menjelaskan kesatuan dan keanekaragaman kehidupan, dan juga kesesuaian organisme dengan lingkungannya.

Q : Adakah Orang yang Terlibat Terhadap Pengenalan Istilah Ini?


G. Reinhold Treviranus
G. Reinhold Treviranus
Istilah biologi dalam pengertian modern kelihatannya diperkenalkan secara terpisah oleh Gottfried Reinhold Treviranus (Biologie oder Philosophie der lebenden Natur, 1802) dan Jean-Baptiste Lamarck (Hydrogéologie, 1802). Namun, istilah biologi sebenarnya telah dipakai pada 1800 oleh Karl Friedrich Burdach.

Bahkan, sebelumnya, istilah itu juga telah muncul dalam judul buku Michael Christoph Hanov jilid ke-3 yang terbit pada 1766, yaitu Philosophiae Naturalis Sive Physicae Dogmaticae: Geologia, Biologia, Phytologia Generalis et Dendrologia.



Q : Ehmm Gitu YaLalu Apa Karakteristik Biologi sebagai salah satu dari Ilmu Sains?

Berikut saya paparkan karaketristik Biologi sebagai ilmu:

  1. Objek kajiannya jelas, konkret, dan dapat di indrai.  
  2. Dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris (pengalaman nyata).
  3. Memiliki langkah-langkah sistematis yang bersifat baku.
  4. Menggunakan cara berpikir logis, yang bersifat deduktif ( dari khusus ke umum).
  5. Hasilnya bersifat objektif dan apa adanya, terhindar dari subjekfitas.
  6. Bersifat universal.    
 Karakteristik ditentukan oleh objek yang dipelajari dan permasalahan yang dikaji.
 

Q : Waduh Masih Pusing Nih. Lalu apa gunanya sih kita pelajarin Biologi ini ?

Banyak Sekali Gunanya!

Memasuki abad 21, kita menyadari bahwa kontribusi ilmiah di bidang biologi memegang peranan penting terhadap kehidupan modern. Biologi saat ini tidak sekedar biologi saja. Biologi telah menjadi ilmu yang juga terhubung dengan teknologi masa kini, kehidupan sosial, dan ekonomi. Saat ini, para pengajar biologi ditantang untuk mau mendalami informasi ilmiah baru serta terapan biologi yang sudah ada maupun yang memiliki potensi untuk diaplikasikan. Itulah mengapa, ilmu biologi disebut ilmu yang luas dan tak terbatas.

Para pelajar dan mahasiswa yang mendalami biologi memiliki kesempatan yang luas untuk mengembangkan biologi di masa yang akan datang. Mereka lebih beruntung, karena sarana dan prasarana yang ada sangatlah lebih dari cukup untuk mempelajari ilmu biologi ini. Keberhasilan perkembangan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat membantu kita dalam menulusuri lebih dalam ilmu yang penuh misteri ini.

Dengan semakin berkembangnya pengetahuan dalam ilmu biologi, kita saat ini dapat menciptakan berbagai vaksin untuk kesehatan, antibiotik, bioteknologi, dan juga penyebab mengapa wajah kita bisa mirip dengan wajah orang tua kita, dan masih banyak lagi.


Q : Loh, Emangnya ada pelajar yang tertarik dengan ilmu biologi ini ?

Tentu ada! Buktinya jurusan biologi di universitas - universitas masih ada mahasiswanya kok. (Kita doakan saja mahasiswa ini bisa lulsu dengan cepat dan tidak terjebak skripshit yang merepotkan. :P)

Biologi saat ini dapat dikatakan sebagai suatu ilmu modern yang lebih menarik untuk dipelajari. Walaupun demikian, di sisi lain banyaknya penemuan dan terminologi baru dapat pula menyebabkan keputusaasaan pelajar dan mahasiswa untuk memahaminya. :(

Perkembangan Biologi diberbagai bidang seperti bioteknologi, lingkungan, kedokteran, pertanian, peternakan, kelautan, dll. telah mempengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi di masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa biologi sebagai ilmu dasar yang banyak aplikasi akan dapat mengundang para pelajar dan mahasiswa untuk mempelajarinya.

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar